Penyebab Ruam Kulit dan Cara Mengobatinya

Apa itu ruam kulit? Ruam merupakan inflamasi dan juga perubahan warna yang menyerang kulit manusia.

Kulit yang mengalami ruam umumnya menimbulkan berbagai bentuk reaksi seperti gatal-gatal, kulit yang mengelupas, muncul benjolan, kulit bersisik dan juga terjadi iritasi.

Secara umum, ruam pada kulit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti alergi, efek pemakaian kosmetik, pengonsumsian obat-obatan dan lain sebagainya.

Penyebab Ruam Kulit dan Cara Mengobatinya

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami berikan penjelasan mengenai beberapa kondisi atau penyakit yang umumnya menimbulkan ruam-ruam.

Dermatitis

Dermatitis merupakan salah satu penyakit kulit yang umumnya menimbulkan gejala ruam. Dermatitis sendiri ada beberapa macam, diantaranya adalah dermatitis seboroik, dermatitis atopik dan dermatitis kontak.

Dermatitis seboroik ini merupakan penyakit yang menyerang kulit kepala dan juga bagian tubuh yang cenderung berminyak seperti wajah, dada, dan punggung.

Gejala umumya adalah kulit terasa gatal dan perih, terkelupas, kulit kepala berketombe dan merah.

Kemudian dermatitis atopik sendiri merupakan peradangan yang menimbulkan ruam kulit yang gatal dan umumnya diderita anak-anak.

Selain itu, biasanya kondisi ini juga disertai dengan gejala seperti kulit memerah atau juga pecah-pecah.

Sedangkan dermatitis kontak juga merupakan peradangan pada kulit yang terjadi akibat adanya kontak dengan benda atau unsur asing yang kemudian menyebabkan alergi. unsur asing tersebut bisa berupa sabun, pewangi, kosmetik, tanaman dan lain sebagainya.

Infeksi Jamur Dan Kandidiasis Kulit

Kemudian terjadinya infeksi jamur ini juga bisa menjadi penyebab ruam kulit. Umumnya hal ini terjadi pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah sehingga sangat mudah terinfeksi jamur.

Terkait dengan hal ini, ada juga kondisi yang dinamakan kandidiasis kulit yang merupakan akibat dari infeksi jamur bernama jamur Candida.

Kondisi ini juga umumnya menimbulkan gejala ruam kulit berwarna merah atau terkadang juga berwarna putih.

Penyakit ini bisa muncul di bagian tubuh manapun, akan tetapi yang lebih cenderung muncul pada bagian tubuh yang memiliki lipatan kulit seperti di antara jari, ketiak, bawah payudara dan juga selangkangan.

Cacar Dan Campak

Selanjutnya ruam kulit juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis cacar seperti cacar air dan cacar api. Cacar air sendiri merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat terjangkit virus varisela zoster yang umumnya menimbulkan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya.

Cacar Dan Campak

Biasanya ruam-ruam akibat cacar air ini muncul di bagian kulit wajah, kulit kepala, belakang telinga, lengan dan juga kaki.

Sedangkan cacar api (cacar ular) yang lebih dikenal sebagai herpes zoster merupakan kondisi yang juga disebabkan oleh virus varisela zoster. Bedanya, ruam dalam kondisi cacar api ini biasanya disertai dengan kondisi tubuh yang mengalami demam, nyeri, menggigil dan sakit kepala.

Selain cacar, campak juga merupakan kondisi akibat virus yang menimbulkan ruam. Kondisi ini lebih berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi.

Campak juga bisa menular sehingga perlu berhati-hati. Gejala umum yang ditimbulkan adalah mata merah, radang tenggorokan, demam dan lain sebagainya.

Alergi

Selanjutnya ruam kulit juga bisa terjadi akibat alergi. jenis alergi disini adalah alergi obat yang merupakan reaksi tidak normal tubuh terhadap obat-obatan yang dikonsumsi.

Gejala ruam yang ditimbulkan juga biasanya disertai dengan demam atau juga biduran. Kondisi ini tidak boleh diabaikan begitu saja karena bisa menimbulkan reaksi yang lebih serius, bahkan bisa membahayakan nyawa.

Ruam Popok

Ruam popok ini merupakan inflamasi yang terjadi pada kulit bokong bayi atau balita yang masih menggunakan popok. Hal ini umumnya disebabkan oleh kulit yang sensitif, kulit lecet karena digaruk ataupun karena kondisi popok yang basah atau jarang diganti sehingga menimbulkan reaksi seperti ruam kulit ini.

Untuk mengatasi ruam popok ini bisa dilakukan dengan cara penggantian popok yang dilakukan secara rutin, disertai dengan pemberian salep.

Sengatan Atau Gigitan

Kondisi yang menyebabkan ruam kulit yang selanjutnya adalah kulit yang terkena sengatan atau gigitan serangga. Serangga-serangga seperti halnya semut, lebah, nyamuk, semut api, kutu, tawon, lalat, dan juga laba-laba merupakan serangga yang bisa menyebarkan racun dengan melakukan sengatan atau gigitan.

Akibat racun ini biasanya akan menyebabkan kondisi seperti alergi yang menimbulkan reaksi seperti ruam kulit, gata-gatal atau kulit yang terasa tidak nyaman.

Selain itu, masih ada banyak sekali kondisi yang bisa menyebabkan reaksi ruam kulit seperti kurap yang merupakan penyakit yang disebabkan jamur.

Lalu ada juga Rubella atau campak jerman yang merupakan jenis penyakit akibat virus rubella dan umumnya menimbulkan gejala-gejala seperti ruam berwarna kemerahan di bagian wajah, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya.

Terakhir, ada penyakit lupus yang merupakan inflamasi kronis akibat kesalahan pada sistem kekebalan tubuh sehingga menyerang jaringan dan juga organ tubuh seperti kulit. Selain ruam pada kulit, kondisi ini juga menimbulkan gejala lain seperti rambut rontok.

 Cara Cepat Mengobati Ruam Kulit

bersih darah n exclear

Kapsul bersih darah dan salep exclear cara insatan dan aman menyembuhkan ruam kulit yang sedang anda derita. Di komposisikan dari bahan alami berkualitas menjadikan obat herbal dari de Nature indonesia terbukti lebih efektif dalam menuntaskan ruam kulit sampai sembuh total.

Deskripsi : ruam kulit merupakan inflamasi yang umumnya menimbulkan berbagai reaksi seperti gatal-gatal, benjolan, iritasi, kulit bersisik, mengelupas dan lain sebagainya.