Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan Penyakit Urtikaria Kronis

Penyakit urtikaria kronis atau hive merupakan jenis penyakit kulit yang ditandai dengan ruam gatal dan terus berlanjut hingga enam minggu atau lebih. Munculnya rasa gatal tersebut terkadang tidak diketahui sebab pastinya.

Disamping rasa gatal, penyakit ini juga mengakibatkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti bibir, lidah, serta bagian tubuh lainnya.

Dalam dunia kesehatan hive disebabkan oleh cairan yang bocor dari pembuluh darah yang terdapat di bawah permukaan kulit.

Urtikaria Kronis
Terdapat dua jenis penyakit urtikaria, yaitu urtikaria akut dan urtikaria kronis. Disebut penyakit urtikaria akut jika penderita mengalami sakit secara tiba-tiba dan tidak lebih dari 6 minggu.

Sedangkan untuk jenis kronis dapat berlangsung lebih lama dari 6 minggu. Penyakit urtikaria kronis lebih jarang terjadi daripada urtikaria akut.

Perbandingannya, urtikaria akut bisa terjadi pada 1 dari 6 orang. Sementara untuk urtikaria kronis hanya terjadi pada 1 dari 1000 orang.

Meskipun begitu, anda harus tetap hati-hati dengan penyakit ini. Kenali gejalanya, agar dapat segera diobati.

Gejala Penyakit Urtikaria (Hive)

Gejala urtikaria pada dasarnya ditandai dengan timbulnya warna merah pada kulit yang disertai rasa gatal.

Lambat laun rasa gatal semakin akut dan ruam semakin menyebar. Gejala lain yang timbul adalah dengan adanya Angioedema. Gejala ini sering dikaitkan dengan penyakit urtikaria kronis.

Kondisi ini dapat berlangsung dari waktu ke waktu dimana beberapa cairan dari pembuluh darah mengalami kebocoran pada jaringan di bawah kulit.

Angioedema dapat berkembang di seluruh tubuh, namun umumnya pembengkakan terjadi di area bibir, kelopak mata, dan organ kelamin.

Gejala urtikaria akut dapat muncul tiba-tiba dan bertambah parah dalam selang waktu 8-12 jam.

Namun setelah 24 jam, gejala tersebut akan hilang. Sedangkan pada urtikaria kronis tidak dapat diprediksi secara detail.

baca Juga : Penyebab Ruam Kulit dan Cara Mengobatinya

Penyebab Urtikaria Kronis

Penyebab utama penyakit urtikaria kronis yakni dikarenakan sistem imun tubuh balik menyerang sel jaringan tubuh itu sendiri.

Padahal seharusnya antibodi bertugas melawan penyakit yang menyerang tubuh. Antibodi dalam tubuh mempengaruhi pelepasan histamin sehingga terjadi urtikaria.

Menurut penelitian diketahui jika setengah dari kasus penyakit ini disebabkan oleh autoimun. Disamping autoimun, timbulnya hive disebabkan oleh alergi pada makanan tertentu.

Terkadang penyakit ini juga dikaitkan dengan penyakit kronis lain seperti hepatitis, pearasit usus, kelenjar tiroid kurang aktif (hipotiroidisme) maupun kelenjar tiroid terlalu aktif (hipertiroidisme).

Selain itu, bakteri Helicobacter pylori (H. Pylori) yang hidup dalam perut dapat pula menyebabkan urtikaria kronis.

jangan lupa lihat : Tips Usir Rasa Gatal Pada Ibu Hamil 

Perawatan Dan Pengobatan Penyakit Urtikaria Kronis

Pengobatan penyakit urtikaria kronis dapat dilakukan secara modern maupun tradisional.

Akan lebih baik jika anda melakukan pengobatan alami terlebih dahulu. Jika melalui pengobatan alami penyakit tidak kunjung sembuh, anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Jika anda mengalami penyakit ini, anda bisa mengobatinya dengan cuka apel. Kandungan alami dalam cuka apel dapat meredakan gatal akut dan rasa perih pada kulit.

Anda cukup mengoleskan cuka apel pada kulit yang terindikasi atau campurkan cuka apel pada air yang digunakan untuk mandi.

Penyakit urtikaria kronis dapat anda obati dengan menggunakan daun salam. Anda cukup mengambil beberapa daun salam lalu ditumbuk, kemudian dioleskan pada ruam.

Selain itu rebus beberapa lembar daun salam. Air rebusan tersebut dapat diminum untuk meredakan gatal yang timbul akibat penyakit ini.

Ada obat praktis yang bisa anda gunakan, yaitu campurkan minyak kayu putih dengan minyak zaitun. Aduk rata dan balurkan pada area yang mengalami gatal akut.

Kandungan antibakteri pada minyak putih dapat meredakan gatal.

Untuk pencegahan penyakit urtikaria kronis dapat dilakukan dengan menghindari beberapa makanan yang dapat mempengaruhi pelepasan histamin.

Makanan tersebut meliputi kerang-kerangan, stroberi, tomat, ikan, cokelat, serta nanas. Selama anda sakit hindari juga makanan yang mengandung salisilat.

Salisilat merupakan senyawa alami aspirin dan mudah ditemukan pada berbagai jenis makanan yang berasal dari tumbuhan.

Misalnya jeruk, teh, dan rasberi. Hindari pula pemicu lain seperti minuman beralkohol. Selain itu, kita juga perlu menghindari stres atau depresi.

Selain menggunakan obat berbahan alami, anda dapat juga menyembuhkan penyakit urtikaria kronis dengan beberapa obat herbal.

Sebenarnya sama dengan obat alami, hanya saja bahan alami dalam obat herbal sudah mengalami pengolahan terlebih dahulu.

Salah satu obat herbal yang sudah terpercaya adalah Obat Herbal de Nature Indonesia. Untuk mengatasi penyakit kulit ini gunakan Obat Gatal Kulit yang terdiri dari kapsul dan salep.

Kombinasi pengobatan dari luar dan dari dalam akan mempercepat proses penyembuhan penyakit. Obat herbal yang anda konsumsi tidak akan memberikan efek samping.

Anda bisa memesannya langsung melalui website www.salepgatalkulit.com. Selain menyediakan layanan pemesanan obat, tersedia juga layanan konsultasi mengenai penyakit dan solusi pengobatannya.

Description: Penyakit urtikaria kronis merupakan salah satu penyakit kulit dengan gejala timbulnya ruam merah yang disertai rasa gatal akut.